counter

Minggu, 04 Agustus 2013

Review Game Android Fast & Furious 6


Review Fast & Furious 6: The Game – IAP, Kamu Sungguh Menyebalkan!
Saat melihat trailer Fast & Furious 6 untuk pertama kalinya, saya langsung tidak sabar untuk menantikan film ini keluar karena saya salah satu fansnya. Terkait dengan film tersebut, ternyata sebuah game promosi dibuat oleh Kabam untuk dengan judul Fast & Furious 6: The game. Saya pernah menjajal singkat game ini ketika dirilis di App Store Kanada untuk keperluan survei pasar.
Setelah game ini rilis untuk pasar internasional beberapa hari yang lalu dan memainkannya beberapa saat, saya siap untuk memberikan review sebagai panduan untuk kamu.

Gameplay

Bila kamu membaca preview saya sebelumnya, saya mengatakan bahwa game ini merupakan game yang mirip dengan CSR Racing dengan tambahan dan beberapa polesan lainnya dari Kabam. Diceritakan kamu
adalah anak ingusan yang ingin bergabung dengan geng Dominic Toretto. Untuk itu kamu harus membuktikan diri terlebih dahulu dengan mengikuti berbagai macam perlombaan balap liar yang kebanyakan bertipe drag & drift race.

Fast & Furious 6 | Screenshot 1

Sedikit berbeda dengan CSR Racing, dalam FF6: The Game kamu akan menemukan mode baru yaitu drift yang tidak ditemui dalam game keluaran Natural Motion tersebut. Dalam Drag Race kontrol yang digunakan juga cukup simpel dan lebih realistis. Setelah hitungan mundur yang menyatakan start dimulai, kamu harus tap tombol start. Kemudian untuk nantinya akan ada sebuah indikator ketika sudah waktunya untuk menaikkan gigi yang harus kamu lakukan dengan swipe ke atas pada tuas persneling.
Hal tersebut lebih natural bila dibandingkan dengan CSR Racing yang hanya tap tanda “+” saja. Sedangkan untuk bagian drift, kamu nantinya akan diberi tahu jika akan melewati zona drift. Yang harus kamu lakukan adalah terus menekan tombol drift ketika masuk zona tersebut dan melepaskannya ketika selesai. Indikator pewarnaan lagi-lagi dipakai untuk kedua mode tersebut.
Semua indikator yang diberikan juga harus direspon dengan tepat yang ditandai dengan pembagian warna. Hijau artinya sangat tepat, kuning berarti masih dalam tahap wajar, sedangkan merah berarti jelek. Warna hijau dan kuning biasanya akan memberikan kamu koin tambahan di akhir game.

Fast & Furious 6 | Screenshot 2

Gaya bermain dengan leveling juga diterapkan di sini. Jadi kamu akan memulainya dari level 1 dengan pilihan mobil yang terbatas untuk level itu saja. Setelah memilih mobil yang tepat kamu bisa mendandani mereka dengan berbagai kustomisasi pada bagian performa (engine, transmission, tire, dsb) hingga kecantikan (rims, decal, underglow). Melihat kustomisasi seperti ini saya teringat akan game favorit saya dulu, Need For Speed: Underground. Bisa dibilang kustomisasi yang diberikan cukup banyak dan detail.
Untuk melakukan upgrade tersebut kamu membutuhkan sejumlah koin yang didapat setelah memenangi pertandingan. Disamping koin ada juga mata uang lainnya berupa gold yang nilainya lebih mahal dan hanya bisa didapat ketika karakter kamu sendiri naik level. Leveling tersebut juga hanya dapat diraih ketika memenangi pertandingan yang ditandai dengan pemberian sejumlah XP. Yang saya suka dari game ini, adanya alur cerita sehingga game lebih variatif.

Fast & Furious 6 | Screenshot 3

Namun seiring saya bermain, berbagai kejanggalan terjadi yang menguak kelemahan berbagai kelemahan game ini. Pertama, FF6: The Game mengusung tema game Freemium. Artinya kamu bisa download secara gratis namun ada IAP yang bisa kamu beli. Oleh karena itu, FF6: The Game juga menerapkan sistem gas yang sama dipakai pada CSR Racing. Bedanya di sini kamu hanya akan diberikan 5 gas saja yang berarti kamu hanya bisa bermain 5 kali atau bahkan kurang setiap menjalankan game ini. That’s really sucks, man!
Memang setiap kali kamu lomba, kamu harus mengkonsumsi gas tersebut. Ada yang jumlahnya 1, ada juga 2 untuk event-event spesial. Nah, bila kamu kehabisan gas, maka mau tidak mau kamu harus menunggu selama sekitar 3-4 menit untuk 1 gas terisi kembali. Cara lainnya, kamu mempercepatnya dengan membayar 2 gold agar bar gas tersebut terisi seketika itu juga. Cara ketiga yang bisa kamu lakukan dengan cara melipatgandakan gas tersebut menjadi 10 dengan membayar 99 gold. Woooww, jumlahnya banyak sekali!
Sebenarnya ada cara 1 lagi, yaitu meminta bantuan dari teman di Facebook. Tetapi ketika saya mencoba, ternyata fitur ini belum tersedia. Lalu dalam hati saya bergumam “kalau fitur belum tersedia, kenapa harus ditampilin sih???? Aneh banget”.

Fast & Furious 6 | Screenshot 3

Selain masalah gas, keseimbangan game ini untuk grinding juga minim. Setiap mobil mempunyai power yang diberi tanda dengan angka. Misalnya mobil saya saat ini mempunyai power 291. Setiap perlombaan yang diadakan mempunyai tingkat kesulitan tertentu. Biasanya di CSR Racing, dengan power mobil yang sama memungkinkan saya untuk menang bila saya mempunyai skill yang mumpuni. Tetapi disini, walaupun power mobil saya dengan lawan sama atau bahkan saya punya lebih tinggi beberapa point, saya tetap saja kalah dengan skill yang perfect (semua indikator berwarna hijau).
Hal tersebut akan berujung pada paksaan untuk membeli IAP karena tidak event balapan untuk yang mempunyai tingkat balapan yang mudah seperti di CSR Racing. Sudah gas dipangkas menjadi 5 saja, ternyata setiap kali saya bermain selalu kalah karena mekanik game yang tidak seimbang. Ohh, ada satu lagi. Game ini selalu crash ketika setelah melewati beberapa event balapan. Yang sangat mengecewakan, crash terjadi ketika hendak memulai balapan dan ketika saya membuka game ini kembali gas yang sudah dikonsumsi hilang begitu saja untuk balapan yang bahkan belum saya mainkan.

Presentation

Fast & Furious 6: The Game dibekali dengan grafis 3D yang baik. Kondisi lingkungan digambarkan dengan detail. Bahkan saya bisa melihat merek yang vending machine ketika sedang melaju kencang pada sebuah balapan. Bila mau dibandingkan dengan CSR Racing, game ini lebih menang dari sisi grafis karena kesan yang lebih modern dibandingkan dengan saingannya itu.

Pricing & IAP

Seperti yang sudah saya ungkapkan di atas, game ini diberikan dengan harga gratis. Namun paparan tersebut sudah bisa menjelaskan bahwa FF6: The Game merupakan game dengan IAP yang cukup rakus. Okay, sepertinya saya harus menurunkan tensi sedikit dan berpikir lebih jernih. Mari kita sedikit berhitung.
Untuk bermain game ini kamu hanya mempunyai kesempatan 5 kali saja. Untuk mengisi bar gas itu sampai penuh memerlukan 2 gold coin. IAP paling murah diberikan dengan harga Rp 29.000 yang berisi 30 gold coin. Artinya dengan harga Rp 29.000 kamu hanya bisa bermain kurang lebih 80-90 pertandingan (15 x 5 = 75 kesempatan + gas yang terisi secara seiring waktu).

Fast & Furious | Screenshot 5

Kalau kamu berpikir itu adalah jumlah yang cukup banyak, tunggu dulu. Hal ini baru bermain saja, belum dihitung jumlah upgrade yang dibutuhkan karena ketidakseimbangan mekanik dalam game ini karena pada dasarnya kamu tidak mau selalu kalah ketika bermain bukan? Jadi, bisa dihitung berapa banyak yang harus dikeluarkan untuk menamatkan game ini.

Ditulis Oleh : Rizky

Selladrt Sobat sedang membaca artikel tentang Review Game Android Fast & Furious 6. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini. Silakan di rubah dan sesuwekan sesuka selera sobat

:: Kunjungi Sumbernya ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Top Komentar

Total Tayangan Halaman

Playboy Pink